Thursday, May 16, 2019

Autoworld, Perjalanan ke Masa Lampau

"Wow banyak sekali mobil mama"
Komentar pertama Kellan ketika kami memasuki hall Autoworld.

Memang dibutuhkan ide kreatif ketika bepergian dengan batita. Kita harus memilih tempat tempat yang child friendly dan juga menarik buat mereka. Alih alih menikmati liburan, yang ada malah sibuk menenangkan anak kalau mereka tidak tertarik dengan tempat tersebut. Kebetulan Kellan suka sekali dengan mobil. Jadilah kami berkunjung ke Autoworld yang berlokasi di Parc du Cinquantenaire 11 di Brussels.

Karena menginap di apartment di bagian kota tua Brussel, tidak sulit buat kami menuju ke Autoworld. Cukup dengan menggunakan Metro (kereta bawah tanah) M1 jurusan Stockel atau M5 jurusan Herrman-Debroux dan berhenti di stasiun Merode. Kemudian berjalan sepanjang 450 meter menyusuri taman Ciquantaneire karena Autoworld berapa ditengah taman itu.

Setelah membayar tiket masuk sebesar €12, kami mulai menyusuri zona zona display mobil yang ada disana. Hall besar yang dapat menampung 1000 orang itu merupakan rumah bagi sekitar 250 mobil dan sepeda motor antik. Museum yang dibuka sejak 1986 memang merupakan surga bagi pecinta mobil antik. Autoworld juga merupakan sumber informasi bagi seseorang yang tertarik mengenai perkembangan dan evolusi automobil di Belgia karena koleksinya yang langkap mulai dari akhir abad ke-19 sampai akhir tahun 70-an. Kunjungan ke Autoworld sungguh dapat membawa pengunjung kembali ke masa lalu.

Sebagian besar koleksi mobil antik disana adalah koleksi pribadi pecinta mobil. Termasuk keluarga Mahy yang sangat antusias dengan automobil. Pada awalnya, Ghislain Mahy yang lahir tahun 1907 di Ghent berhasil merangkai mobil pertamanya barang barang dan mesin bekas pada usianya yang ke-17. Sejak saat itu beliau semakin antusias dengan mobil dan hingga saat ini keluarga Mahy masih memiliki koleksi dan dipajang di Autoworld.

Selama kunjungan saya tertarik sekali dengan evolusi mobil elektrik yang ternyata sudah ada sejak tahun 1916 di Amerika. Kemudian tahun 1997 – 2003, Toyota mengeluarkan Prius generasi pertama dengan menggunakan 2 mesin elektrik. Dan pada tahun 2014 Volkswagen mengeluarkan produknya yang disebut E-blue Motion. Jangan khawatir, pengunjung akan dipandu dengan panduan audio berdasarkan zona zona kunjungan. Jadi tidak akan ada informasi yang terlewatkan.

Karena asyiknya melihat lihat koleksi Autoworld, tidak terasa kamu menghabiskan 2 jam disana. Pengunjung yang tidak ramai dan koridor yang lumayan luas membuat Kellan dapat bergerak dengan leluasa mengagumi mobil demi mobil.

"Ayo jemput papa.."
Katanya sambil menunjukkan mobil FORD model T Speedster yang dikeluarkan tahun 1927.
Senang rasanya bisa menghabiskan quality time dengannya.  Semoga Kellan belajar sesuatu yang baru hari ini.















No comments:

Post a Comment